Sunday, September 2, 2012

Coz Life is about a Dream (Part I)



Life is about a dream. Itulah yang bisa saya petik dari pengalaman selama 20 tahun hidup di dunia ini. Kita bukanlah siapa-siapa tanpa adanya mimpi yang senantiasa Kita pertahankan. Mimpilah yang bisa membuat Kita maju dan terus maju. No matter how crazy your dream is, just keep it in your mind and make it happened.
Itulah sedikit kata-kata pembuka dari saya,hehe. Karena memang itulah yang saya rasakan selama ini. Sebuah mimpi yaitu untuk bisa menghirup udara di luar negeri. Just a piece of cake for some people, but it’s really difficult for me to achieve it. Jujur, pergi ke luar negeri adalah impian saya sejak saya masih kanak-kanak. Ketika melihat sebuah program (saya lupa program apa itu,ehehe), saya ingin pergi ke sana, ke negeri yang seperti negeri impian (saya pun lupa Negara mana itu, maklum masih kecil). Sejak itulah dimana ketika anak-anak ditanya ingin apa ketika besar nanti, saya pun menjawab,” Kuliah di Luar negeri” (pada saat itu saya berpikir bahwa cara yang mungkin untuk ke luar negeri adalah belajar atau sekolah,hehe). Cukup kompleks hidup saya, tetapi itulah saya.

·      First Trial
Hingga SMA pun mimpi saya masih sama, yaitu ‘Kuliah di Luar Negeri’. Hingga tiba suatu ketika, waktu kelas 1 SMA, wali kelas saya bercerita tentang anaknya. Dimana anak beliau mendapat beasiswa untuk melanjutkan S1 di Nanyang Technological University, Singapore. Akan tetapi, pada saat itu saya terkesan meremahkan. Lah Cuma di Singapore, mana kerasa kalo lagi di Luar Negeri—itu pikiran saya pas saat itu. Kalo mau ke Luar Negeri harus lah yang ke negeri Kulit Putih , seperti Amerika, Australia,etc (terlalu idealis nampaknya). Saya pun masih mencari-cari kemungkinan adanya beasiswa S1 di luar negeri. Satu tahun pun berlalu. Akan tetapi, nampaknya belum ada beasiswa yang sesuai untuk pergi ke luar negeri. Dan disinilah saya sadar bahwa sebentar lagi saya mau lulus SMA (walau masih 2 tahun lagi,hehe) dan saya belum ada bayangan mau kuliah di Negara mana nanti (wuiss). Terlebih lagi tidak ada beasiswa yang cocok. Pada saat itulah saya melihat di papan pengumuman kelas dimana akan ada presentasi dari kakak-kakak kelas yang akan belajar di Nanyang Technological University. Pada saat itulah saya berpikir dan langsung merubah mindset saya ‘Pokoknya saya harus kuliah di luar negeri’. Saya pun mulai berpikir bahwa yang namanya luar negeri itu tidak harus Negara kulit putih, luar Indonesia pun dinamakan luar negeri toh? Saya pun mencari info lebih lanjut dan trips trick gimana bisa lolos seleksi masuk ke sana. Mulailah pencarian saya ke guru-guru, ibu guru BK, dll. Di sanalah saya tahu sulit juga buat bisa masuk ke sana. Huft. But, there’s nothing to lose. Yup :D.
Saya pun memutuskan akan melamar untuk program Business Studies (padahal saya anak IPA). Hal ini dikarenakan saran dari beberapa guru yang telah mengenal saya dan juga melihat nilai raport yang malah bagus di pelajaran IPS (Dasar IPA Gadungan, hgaha). Saya pun mulai mengumpulkan soal-soal dan materi untuk ujian masuk NTU. Terlebih lagi saya harus meningkatkan English skill saya since I’m gonna apply to Business Studies which required us to have sufficient knowledge in English. Damn. Saya pun persiapan dan belajar terutama pada 2 pelajaran yang akan diujikan nanti.
Pas baru menunggu pembukaan pendaftaraan di NTU, eh ada penawaran kuliah di Malaysia nih. Saya pun memutuskan untuk mendaftar. Lumayan buat pemanasan sebelum mendaftar NTU. Di program ini, ada beberapa tahap dan saya pun berharap bisa lolos tahap terakhir. Saya pun mendaftar. Wuih, lolos tahap 1 dan lanjut untuk tes Bahasa Inggris. Dan ternyata… Saya tidak lolos. Kaget saya,,loh kok langsung gugur? Busett dah, yang kaya gini aja Cuma lolos tahap 1 gimana NTU ntar. Drop lah mental saya. Saya pun jadi ragu-ragu mau mendaftar NTU atau tidak. Beberapa bulan pun berlalu.
Akhirnya, pembukaan NTU dibuka. Saya masih bimbang antar mendaftar atau tidak, terutama masih terbayang kegagalan saya di Malaysia. Huft. Akan tetapi, atas dorongan teman-teman saya pun mendaftar. Dan ,, yep, it’s true. My application was sent to NTU. Just need to wait the announcement.
Pada akhirnya pengumuman pun datang. Pengumuman dikirim melalui e-mail pada malam hari dan karena sudah malam dan tidak ada internet, saya baru bisa melihat besok pagi. Niatnya sih mau lihat dari computer sekolah. Akan tetapi, kegundahan hati ini tidak terbendung (ceile..hhaha) sehingga saya pun berangkat jam set 6 pagi itu untuk pergi ke warnet dulu. Dag..dig..dug..Sambil membuka email saya, tangan saya bergetar. E-mail pun terbuka dan saya melihat ada e-mail dari Recruitment NTU, diarr,,,,,,,Makin deg-deg an lah hati saya. Saya pun membuka email dan… Tertulis bahwa saya tidak berhasil lolos seleksi dokumen. Langsung serasa terjun dari lantai 30, trus dilindas truk tronton, dan diceburkan di Samudera Pasifik. Benar-benar sedown-downnya orang. Serasa usaha saya sia-sia-----Mempelajari materi Matematika buat anak kuliah sampai tidak libur dan menghabiskan liburan di sekolah demi mendapat pelajaran tambahan dari kakak-kakak NTU. My life was officially stopped that time. Trus saya ingat katanya dulu ada anak yang lolos tahap dokumen dengan bantuan rekomendasi. Tanya lah saya sama kakak NTU tadi dan katanya saya lah yang harus membuat surat rekomendasi bagi diri saya sendiri. Langsung dah, saya mulai membuat surat itu pagi dan malam. Kemudian, saya submitted. Beberapa hari kemudian, teman saya yang juga dulu gagal tahap dokumen mendapat kabar bahwa dia lolos seleksi dokumen (melalui jalur surat rekomendasi tadi). Loh, kok saya belum dapat kabar? Langsung lah saya mengirim email lagi. Lagi. Dan lagi. Bahkan saya juga menambahkan bahwa saya tidak akan berhenti mengirim e-mail sampai ada balasan. Dan kayaknya pihak sana juga terusik sama email saya, hingga mereka mengirimkan email balasan yang menyatakan bahwa saya tidak lolos seleksi dokumen dan dimohon untuk berhenti mengirim email lagi. Duarrrr……pupus sudah harapan saya kuliah di luar negeri. Dan hidup saya berhenti saat itu juga,, Saya kecewa,,sedih,, marah,,tak tahulah. Saat itu juga saya berkata pada hati bahwa saya akan ‘balas dendam’ pada NTU dengan menunjukkan bahwa walau NTU tidak menerima saya, saya bisa diterima di tempat yang lebih baik dari NTU.
All in all, NTU memang bukan takdir saya. However, God has been really good to me, really. He had a plan, big plan for me. I got accepted at Bakrie School of Management (Full Scholarship), President University (Partial Scholarship), and finally Universitas Gadjah Mada (self- financing, hehe. But, it’s the place where I pursue on my bachelor degree right now :D).

"Dare to dream high. Never afraid of getting failed coz a failure is a gate to be success"

1 comment:

  1. Hallo Sahasika, terima kasih utk tulisannya. Sangat menginspirasi. Boleh tanya, yang dimaksud dengan "seleksi dokumen" dan "surat rekomendasi diri" apa yah? Terima kasih. -Evi

    ReplyDelete